Kamis, 23 Februari 2012

Penyakit gagal ginjal adalah penyakit tidak menular yang termasuk ke dalam salah satu penyakit penyebab kematian di dunia. Penyakit gagal ginjal merupakan kondisi dimana telah terjadinya penurunan atau tidak bekerjanya fungsi pada ginjal. Sebagimana fungsinya yang bertugas sebagai penyaring kotoran (terutama urea) dari darah dan membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urin, ginjal menjadi bagian dari tubuh yang memiliki fungsi yang sangat fital bagi manusia.

Penyakit ini meningkat dua kali lipat tiap tahunnya. Penyebab gagal ginjal terbesar atau 70 persen akibat Diabetes Melitus (DM) tipe dua disusul penyakit hipertensi. Di Indonesia sekarang ini jumlah penderita DM sekitar 8,4 juta orang dan menempati posisi urutan ke empat di dunia. Menurut data WHO, di dunia DM tipe dua sudah sangat merajalela dan menjelang tahun 2015 – 2030 akan jauh lebih meningkat lagi terutama di Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Ciri-ciri orang yang terkena penyakit gagal ginjal (gejala-gejalanya) adalah :
- Bengkak pada kaki
- Bengkak pada mata
- Sakit saat kencing
- Nyeri pinggang hebat (kolik)
- Demam
- Sering kencing malam hari
- Air kencing keluar sedikit
- Kencing merah/darah
- Rasa tidak enak di mulut
- Peradangan lapisan mulut (stomatitis)

Penyakit gagal ginjal ini sebenarnya bisa dicegah jika diagnosa penyakit ini bisa dilakukan sebelum masuk pada tingkat akut (dengan melakukan pemeriksaan dini). Jadi jika Anda terdiagnosa mempunyai penyakit DM atau hipertensi, maka segera saja lakukan diagnosa penyakit ginjal, tujuannya adalah untuk mengetahui apakah Anda juga mederita penyakit ginjal atau tidak.

Pada kondisi ginjal sudah tidak berfungsi lagi, maka proses terapi cuci darah harus dilakukan untuk menghindari kematian. Solusi lain selain cuci darah yaitu cangkok ginjal, namun biayanya sangat mahal, dan untuk mencari orang yang ingin mendonorkan ginjalnya juga sangat sulit, bahkan keluarga sendiri tidak siap mendonorkan ginjalnya kepada penderita.

Sehat itu mahal. Untuk itu marilah mulai dari sekarang kita jalani pola hidup yang sehat dengan menerapkan pola makan yang sehat dan rajin berolahraga.

Tidak ada komentar: